Ford Bandung

PT Ford Motor Indonesia | Ford Motor Company Story

Unknown Selasa, 06 Desember 2011

Ford Motor Company
Pertama kali merambah dunia otomotif pada tanggal 16 Juni 1903, saat Henry Ford dan 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerja sama. Dengan modal 28,000 USD, mereka merupakan pendiri perusahaan yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Hanya sedikit perusahaan yang tumbuh bersama berkembangnya industri otomotif pada abad ke-20 ini seperti Ford Motor Company.

Seperti halnya perusahaan besar lainnya, Ford Motor Company memulai bisnisnya dari skala yang kecil. Pernah tersirat kekuatiran pada saat Ford Motor Company baru berdiri. Pada tanggal 20 Juli 1903, kira-kira satu bulan sejak perusahaan ini berdiri, pengiriman pertama dilakukan kepada seorang dokter di Detroit.
Produksi Massal dimulai
Salah satu kontribusi Ford Motor Company terhadap industri otomotif adalah "moving assembly line". Pertama kali diimplementasikan di pabrik Highland Park di Michigan, di tahun 1913. Tehnik baru ini memperbolehkan tiap pekerja untuk menetap di satu tempat dan melakukan perakitan yang sama berulang kali, terhadap kendaraan yang hendak dirakit yang melewatinya.

Kendaraan Pertama
Henry Ford berpendapat bahwa masa depan perusahaan terletak pada produksi kendaraan yang terjangkau bagi masyarakat banyak. Diawal 1903, Ford Motor Company mulai menggunakan 19 huruf lapabet pertama untuk menamai kendaraan produksinya yang baru. Di tahun 1908, Model T pertama kali diproduksi. Ford Motor Company kemudian menjadi raksasa industri otomotif yang kemudian mendunia, setelah 19 tahun berkiprah di dunia otomotif dengan menjual 15 juta kendaraan Model T. Divisi Mercury didirikan untuk menjawab kebutuhan akan mobil dengan tingkat harga menengah. Ford Motor Company terus berkembang.

Ford Model T adalah salah satu mobil pertama
yang harganya terjangkau konsumen (1927)
Menjadi Perusahaan Global
Di tahun 50an, seiring dengan diperkenalkannya Ford Thunderbird, Ford Motor Company menjadi perusahaan publik. Pada saat menjadi perusahaan publik pada tanggal 24 Februari 1956, didapatkan 350,000 pemegang saham baru. Henry Ford II amat peka terhadap perkembangan ekonomi dan politik pada tahun 50an, sehingga pada tahun 60an FMC berkembang menjadi perusahaan dunia dengan berdirinya Ford Eropa di tahun 1967, 20 tahun sebelum terbentuknya Masyarakat Ekonomi Eropa. Ford juga mendirikan North American Automotive Operation pada tahun 1971 yang menyatukan operasi Ford di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, lebih dari dua dekade sebelum berdirinya North American Free Trade Agreement.

Ford telah menjadi nama yang akrab di industri otomotif Indonesia sejak tahun 1950-an.Ford telah hadir di Indonesia sejak 1989, saat itu Ford di Indonesia diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). PT Ford Motor Indonesia diresmikan pada bulan Juli 2000 sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia.
Ford Motor Company bermula seabad yang lalu dari visi seseorang terhadap produk mobil yang dapat menjawab kebutuhan konsumen. Kini, FMC adalah bagian keluarga besar industri otomotif yang terdiri dari merek merek terkemuka.
FMC kini telah berkiprah hampir 200 tahun di industri otomotif, dan terus berkembang menjadi perusahaan global yang senantiasa berorientasi pada memproduksi mobil untuk menjawab kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah.
PT Ford Motor Indonesia
PT Ford Motor Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 2000 dan memperoleh hak agen tunggal untuk mendistribusikan produk-produk Ford di Indonesia sejak tahun 2001. PT Ford Motor Indonesia adalah perusahaan PMA 100% dimiliki oleh Ford Motor Company.
Pada tahun 2002, PT Ford Motor Indonesia meluncurkan produk Ford yang menjadi sorotan otomotif Indonesia dengan truk "Built Ford Tough" nya Ford Ranger Pick-up. Sekarang di tahun ke-6 operasinya, PT Ford Motor Indonesia telah mendapat nama di Gaikindo (Asosiasi Industri Otomotif Indonesia) sebagai salah satu dari 10 merek otomotif terbaik di Indonesia. Pencapaian ini merupakan akibat langsung dari pertumbuhan yang mengesankan dalam penjualan dan pangsa pasar selama bertahun-tahun, perluasan jaringan dealer -Ford Superstore- di kota besar, dan perhatian terhadap kepuasan pelanggan dari titik pembelian sampai layanan purna jual.
Memperoleh hak agen tunggal untuk mendistribusikan produk-produk Ford di Indonesia mulai tahun 2001.

Pembentukan  CRM pada Website Ford
Hubungan Costumer Relationship Management (CRM) pada Situs ini Adalah 

Costumer Relationship Management (CRM)
Pada web induk kami. Ford Motor Company menjalankan Costumer Relationship Management (CRM) mulai dari awal, yaitu membangun sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan mobilnya .tampa harus repot untuk datang ke dealer, cukup call telpon maka marketing yang kami tunjuk akan datang kerumah calon customer misalnya. Dan akan memberikan informasi dengan detail dan akurat.
CRM yang diterapkan oleh ford meliputi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales Consultant), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). Dengan extensen bisa lilihat dari menu masuk ke info dealer lalu masuk ke bengkel lalu pilih servis.
Sasaran utama dari CRM sendiri adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. Sedangkan tujuan CRM adalah untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.
Ford memberikan semua informasi tersebut diatas, hal ini dilakukannya untuk menarik pelanggan baru dan juga untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada saat ini, terdapat 5 (lima) jenis kendaraan yang ditawarkan antara lain : Cars, Crossovers & SUVs, Trucks, Hybrids & EVs, serta jenis Commercial. Pendekatan yang dibangun ford dengan hubungan CRM sendiri adalah adanya pilihan “Build & Price” yang sangat memanjakan para calon pelanggannya,
Untuk memudahkan para calon pelanggan tersebut, ford. juga menyediakan call center, dimana para calon pelanggan bisa langsung menghubungi ke nomor yang dicantumkan di website untuk semua pertanyaan tentang mobil yang akan dibelinya.
hal-hal yang dilakukan ford sejalan dengan fungsi-fungsi dari sistem CRM yang tercantum pada situs, yaitu :
  • ·         Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
  • ·         Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
  • ·         Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
  • ·         Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
  • ·         Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
  • ·         Menangani keluhan/komplain pelanggan
  • ·         Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
  • ·         Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.
Sekilas peluncuran Produk FORD di Indonesia
Maret 2002
Pembukaan Ford Jakarta Selatan, superstore 3S pertama di Indonesia.
Peluncuran produk pertama, Ford Ranger BU (Thailand)
September
LynX
Lynx BU (Filipina) diluncurkan. 
Oktober
ESCAPE
Escape BU (Filipina) diluncurkan. 
Mei 2003
New Ford RangeR
 New Ford Ranger diluncurkan.

September
New Ford Everest
 New Ford Everest diluncurkan.
Mei 2004
Ford Lynx RS diluncurkan.
Ford Ranger & Ford Escape dianugerahi sebagai PU double kabin terbaik dan Best SUV oleh Mobil-Motor Magazine.
Juli 2005 
FOCUS
Ford Focus diluncurkan.
Ford Focus dianugerahi sebagai Best Value Car dari Gaikindo Auto Expo.
Ford Focus dianugerahi sebagai Best Choice dari majalah Top Gear.
Ford Focus dianugerahi sebagai sedan medium terbaik dari majalah Autobild.
Januari 2006

ESCAPE
Ford Escape sporty diluncurkan.
September 
FOCUS 5D
Ford Focus 2.0L 5Dr dianugerahi sebagai sedan hatchback terbaik dari Mobil Motor Magazine.
Maksud dan tujuan Pembentukan Blog ini. Untuk merujuk ke web induknya dalam hal:
September 2010
Fiesta
Peluncuran FORD FIESTA September 2010 Ternyata di sambut baik oleh warga indonesia. dengan sangat antusias sehingga menjadikan Ford Fiesta Meraih Beberapa Gelar penghargaan dari berbagai media. dan menjadikan ford fiesta menjadi salah satu tulang punggung Merek FORD
Namun kita tidak akan berhenti sampai disini kita masih ada plan untuk peluncuran produk terkenal kita yang akan di luncurkan pada tahun 2012 ini. dan bagi para customer atau calon customer baru tunggu saja kehadiran wajah baru dari si garang NEW RANGER dan NEW FOKUS yang sudah terbukti kehandalan nya. kami sedang siapkan berbagai perubahan dan tentunya perubahan kami ke arah yang lebih baik. TUNGGU SAJA PELUNCURAN KAMI.